Breaking News

Fungsi Power Window: Komponen, Cara Kerja dan Jenisnya

caramesin.com – Fungsi Power Window: Komponen, Cara Kerja dan Jenisnya,Kemajuan teknologi otomotif berkembang pesat, bahkan saat ini ada mobil dengan teknologi self-driving atau mobil yang bisa menyetir sendiri tanpa sopir.

Ini sangat canggih, tetapi kita tidak akan membicarakannya kali ini. Kita berbicara tentang teknologi yang lebih sederhana daripada sistem jendela listrik.

Apakah Anda sudah tahu apa itu sistem kontrol jendela listrik? Ada tombol di pintu, baik itu pintu pengemudi, pintu penumpang samping atau belakang, yang hanya memungkinkan Anda untuk menekan atau membuka jendela. Sistem kontrol jendela listrik disebut sistem kontrol jendela listrik.

power window mobil

Mobil tua tidak memiliki sistem kontrol jendela elektrik, jadi Anda harus membuka jendela secara manual. Biasanya Anda harus memutar tuas untuk membuka jendela.

Daftar Isi

 

jendela listrik

Sistem jendela elektrik adalah sistem kelistrikan pada bodi yang digunakan untuk membuka dan menutup jendela dengan menggunakan saklar.

Sistem power window ini menggunakan mesin sebagai penggerak utama untuk menurunkan dan menaikkan kaca jendela. Motor power window ini akan bekerja pada saat saklar dipaksakan, dimana pada saat itu arus listrik akan mengalir ke motor power window.Kecepatan motor power window diubah dengan membuka pengontrol ke atas dan ke bawah dan menutup jendela.

Jenis-jenis power window

Jendela yang dioperasikan secara mekanis berdasarkan mekanismenya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu tipe mekanisme dengan regulator dan tipe mekanisme dengan kabel. Berikut penjelasan keduanya:

v. Jendela listrik dengan mekanisme kontrol

Motor listrik akan memutar mekanisme pengatur yang terhubung dengan mekanisme pengangkat kaca, sedangkan motor akan memutar pinion, menggerakkan roda gigi pengatur, dan menaikkan atau menurunkan jendela. Konstruksi dapat dilihat pada foto di atas.

See also  4 Fungsi Filter Dryer Pada Sistem Pendingin AC

b. Jendela yang dioperasikan dengan daya dengan mekanisme tali

Motor listrik mentransmisikan kekuatannya melalui kabel yang terhubung ke ujung mekanisme di dalam kaca jendela.

Artinya pada saat mesin hidup, kabel ditarik atau dilepaskan sehingga menyebabkan jendela bergerak ke atas atau ke bawah. Anda dapat melihat konstruksi pada gambar di atas. .

Fitur utama jendela listrik
Hampir semua mobil terbaru memiliki jendela elektrik, setiap pintu memiliki sakelar yang mengontrol lift dan bagian bawah jendela.

Ada juga saklar utama di sisi pengemudi yang memungkinkan Anda untuk membuka atau menutup jendela dari pintu manapun, baik pintu pengemudi atau pintu penumpang depan atau belakang.

Nah, mari kita kembali ke pembahasan utama kita, yang menyangkut komponen sistem lift kaca, secara umum komponen utama dari jendela listrik:

• Sakelar jendela daya utama
• Sakelar jendela daya tambahan
• Jendela daya motor
• Pengatur jendela elektrik

Keempat komponen tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut:

1. Saklar utama untuk jendela listrik

 

saklar power window

Gambar saklar power windowSaklar utama power window terletak di pintu pengemudi, saklar utama ini dapat mengontrol power window di semua pintu. Saklar utama ini terdiri dari saklar pengemudi, pintu penumpang depan dan pintu belakang kanan dan kiri. Saklar ini berarti pengemudi dapat membuka atau menutup kaca pintu depan dan belakang.

Sakelar utama juga dilengkapi dengan sakelar kunci jendela elektrik, jika sakelar kunci diaktifkan, tidak ada pintu yang dapat membuka atau menutup jendela.

2. Sakelar jendela daya lainnya

Elemen terpenting berikutnya adalah saklar jendela elektrik lainnya, selain saklar terpenting di setiap pintu juga terdapat saklar jendela elektrik. Namun saklar ini berbeda dengan saklar utama, saklar ini hanya mampu membuka dan menutup jendela pintu tempat saklar berada.

Saklar ini terletak di pintu penumpang depan (tergantung posisi setir), pintu penumpang belakang kanan dan pintu penumpang belakang kiri.

3. Jendela daya motor

 

 

Gambar motor power window dan komponennya

Gambar motor power window dan komponennyaMotor jendela listrik ini bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi gerakan (putaran) yang berhubungan dengan mekanisme pengatur, sehingga dapat membuka (start) atau menutup (memperbesar) jendela mobil.

Dengan kata lain, fungsi motor listrik jendela adalah untuk memutar pinion secara bersama-sama. Motor power window yang dipakai biasanya motor listrik dengan arus DC, sehingga dapat bergerak berlawanan ketika arah arus dibalik.

See also  Kegunaan Meter Bahan Bakar (Fuel Meter)

4. Regulator Power Window

 

 

Regulator power window

Regulator power windowMotor power window ini menghasilkan gerakan berupa putaran, nah untuk merubah agar menjadi gerakan naik turun maka diperlukan yang namanya mekanisme regulator. Jadi mekanisme regulator ini berfungsi untuk merubah gerakan dari motor power window.

Regulator ini didukung oleh lengan X dimana terhubungnya penstabil regulator. Bergerak ke atas dan ke bawah panel jendela berarti menggerakkan lengan ini X.

Cara kerja jendela listrik
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi dari electric window adalah untuk membuka dan menutup jendela mobil dengan menekan sebuah tombol. Dari menekan tombol hingga membuka jendela, dibutuhkan proses agar kita memahami cara kerjanya.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana power window akan beroperasi dalam kondisi yang berbeda, mengingat power window dapat dioperasikan secara manual atau otomatis (sekali tekan membuka/menutup segera).

di. Cara kerjanya saat menutup secara manual

 

 

 

Cara kerja saat menutupSaat kunci kontak dalam posisi dan saklar power window pengemudi ditarik (ke atas) di tengah, arus mengalir dari baterai pengapian ke dalam kumparan relay utama power window dan kemudian mengalir ke massa. . Relay utama bekerja dan mengaktifkan IC pada saklar utama di jendela listrik.

Selanjutnya, arus mengalir ke sakelar atas di sisi pengemudi dan masuk ke sirkuit terpadu sakelar utama di jendela daya. IC mengaktifkan transistor saat ini dan membuat rangkaian massal dengan kumparan relai di bagian atas sehingga relai mulai beroperasi.

Kemudian arus mengalir dari baterai ke relai atas, ke motor jendela listrik, relai start dan ke ground. Motor power window berputar dan bergerak melalui jendela saat ditutup.

Jika sakelar naik berhenti menarik, transistor akan tidak aktif, sehingga relai naik tidak berfungsi dan motor akan berhenti berputar.

b. Cara kerjanya dengan pembukaan manual

 

 

Cara kerja saat membuka secara manual

 

Cara kerja saat membuka secara manualSaat kunci kontak ON dan sakelar power window pengemudi ditekan (bawah) di tengah, arus mengalir dari baterai pengapian ke koil relay utama jendela listrik dan ke massa. Relay utama bekerja dan mengaktifkan IC pada saklar utama di jendela listrik. Kemudian arus mengalir ke sakelar pengemudi dan ke sakelar utama IC di jendela yang dioperasikan secara elektrik. Sirkuit terpadu mengaktifkan transistor saat ini dan membuat sirkuit massal dengan koil relai ditarik sehingga relai mulai beroperasi.

See also  Ada Beberapa Fungsi Kepala Silinder (Cylinder Head)

Kemudian arus dari baterai mengalir ke bawah ke relai, ke motor listrik jendela, relai ke atas dan ke ground. Motor power window akan berputar dan bergerak melalui jendela dengan arah bukaan. Ketika sakelar bawah berhenti bekerja, transistor menjadi tidak aktif, sehingga relai bawah tidak berfungsi dan motor berhenti. C. Cara kerja pembukaan kunci otomatis

Saat kunci kontak ON, sakelar power window ditekan sepenuhnya, dan sinyal UP otomatis diterapkan ke sirkuit kontrol. Rangkaian kontrol menahan Tr utama dan Tr untuk posisi bawah pada posisi ON selama kurang lebih 10 detik, relai power window dapat diaktifkan sehingga motor power window berputar secara otomatis sehingga menyebabkan kaca jendela terbuka terlalu rendah (terbuka).

Motor power window berhenti ketika jendela terbuka penuh dan sirkuit kontrol mendeteksi bahwa motor sinyal sensor kecepatan dan sakelar batas motor power window diblokir atau deret waktu dimatikan.

Jika tidak ingin kacanya jatuh, bukaan otomatis ini bisa dihentikan dengan menarik tuas tarik elektrik di tengahnya.

d.Cara menutup secara otomatis

Cara kerja power window otomatis

 

Cara kerja power window otomatisKemudian, saat kunci kontak ON, sakelar power window diperpanjang sepenuhnya dan sinyal UP otomatis masuk ke sirkuit kontrol.

Rangkaian kontrol menahan Tr utama dan Tr untuk posisi Up pada posisi ON selama kurang lebih 10 detik, relai power window dapat diaktifkan ke atas sehingga motor power window start secara otomatis.

Motor power window akan berhenti beroperasi ketika jendela menutup sepenuhnya dan rangkaian kontrol mendeteksi penyumbatan motor dari sinyal sensor kecepatan dan sakelar batas motor power window atau kesalahan rangkaian waktu.

Seperti halnya buka otomatis, jika Anda ingin menghentikan kaca jendela saat menutup secara otomatis, Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol power window di tengah.

Check Also

DEPOSITO ATAU SAHAM

Deposito vs Saham, Lebih Baik Yang Mana? Berikut Penjelasan nya

caramesin.com – Deposito vs Saham, Lebih Baik Yang Mana?,Dalam dunia investasi, ada dua alat yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.