Breaking News

Fungsi Fog Lamp (Lampu Kabut) Dan Tips Memilihnya

caramesin.com – Mengenal Fungsi Fog Lamp (Lampu Kabut), Jenis dan Tips Memilihnya,Selain memberikan tampilan keren pada mobil Anda, lampu kabut memiliki fungsi yang sangat penting untuk keselamatan berkendara, terutama di daerah dengan kelembaban tinggi dan suhu udara rendah, sehingga kabut sering terlihat dalam kondisi tertentu. ..

Fungsi lampu kabut / lampu kabut

Fungsi lampu kabut / lampu kabut

Lampu kabut / fog lamp membantu pengemudi untuk meningkatkan pandangan atau visibilitas pengemudi ketika kondisi visual dibatasi oleh kabut atau kondisi lain yang tidak tertutup oleh lampu normal.

Meski masih banyak pengendara yang menggunakan high beam untuk mengatasi kabut, namun fog lamp ini sudah memiliki standar untuk digunakan pada saat kabut.

Lampu kabut dapat digunakan tidak hanya pada saat kabut, saat hujan deras dengan jarak pandang terbatas, tetapi juga lampu kabut, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan lampu kabut kuning dengan visibilitas yang baik dibandingkan dengan lampu putih.

Penggunaan fog lamp berwarna putih memiliki banyak kekurangan dalam penggunaannya, selain buruknya penglihatan, cahaya putih juga memantulkan cahayanya kembali ke pengemudi saat menandai kabut dan hujan. Selain itu, cahaya putih dari lampu kabut dapat membahayakan pengendara lain yang melewatinya, karena dapat menyebabkan pengemudi yang menyinari langsung lampu depan menjadi buta, yang dapat menyebabkan kecelakaan lebih lanjut bagi pengendara.

Kesalahpahaman tentang lampu kabut / fog lamp menjadi alasan mengapa banyak pemilik mobil menggunakan lampu ini untuk menyalakan di luar kondisi yang diperlukan untuk menyalakan lampu kabut, yang dapat membahayakan mobil lain. pengendara, jika terpapar langsung.

See also  Kegunaan Lampu Sein (Tanda Belok) dan Hazard

Anggapan bahwa fog lamp hanya sebagai tambahan atau hanya membedakan tingkat fungsional mobil tidaklah sedikit di masyarakat. Kesadaran masyarakat, khususnya pengemudi, tentang lampu kabut sangat penting untuk keselamatan berkendara bersama.

Penggunaan lampu kabut tidak disarankan untuk dipadukan dengan lampu depan lainnya, karena lampu kabut membutuhkan daya yang cukup tinggi untuk menembus kabut dan hujan lebat.

Sebagian besar mobil terbaru memiliki fog lamp / fog lamp dari pabrikan atau menyediakan dudukan / kunci fog lamp untuk pemasangan custom / aftermarket.

Jenis lampu kabut

Lampu kabut memiliki dua jenis penerangan, yaitu lampu kabut depan (front fog lamp) dan lampu kabut belakang (rear fog lamp).

1. Lampu kabut depan

Pasang fog lamp standar depan ke bumper depan bawah dengan posisi kanan dan kiri. Lampu kabut yang digunakan di bagian depan sebagian besar berwarna kuning, sehingga lampu kabut dapat bersinar lebih baik dalam kabut dan hujan daripada lampu putih. Padahal, warna terang (kuning) itu 3.000 kelvin,” kata CEO PT Lowin Parama Indonesia (Lowin) Hendry Lo dalam keterangan resmi.

2. Lampu kabut belakang

Sesuai dengan namanya, fog lamp belakang dipasang di bagian belakang dengan lampu belakang mobil, berbeda dengan fog lamp depan, warna yang digunakan pada fog lamp belakang adalah merah menyala sebagai tanda/sinyal bagi pengemudi belakang. mobil.

Ada baiknya memasang lampu kabut sebagai lampu kabut yang bisa Anda bawa ke bengkel atau spesialis mobil kesayangan Anda untuk menghindari penempatan lampu kabut yang tidak layak pakai. Tentu saja, Anda dapat memilih antara bohlam halogen atau LED kuning untuk lampu kabut.

Perbedaan kecil antara keduanya adalah bahwa bohlam halogen memiliki daya tembus yang tinggi, sedangkan bohlam LED memiliki keunggulan dalam penghematan energi dan kecerahan cahaya yang tinggi.

See also  Fungsi meter temperatur Pada mesin mobil

Perbedaan umur pemakaian kedua bohlam tersebut relatif besar, yaitu 350 jam untuk bohlam halogen dan 500 jam untuk bohlam LED, yang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Apa minat Anda memasang fog lamp di mobil Anda? Padahal, pemasangan fog lamp atau fog lamp sangat dianjurkan pada mobil dengan mobilitas tinggi di daerah berkabut dan saat hujan deras demi keselamatan bersama. Penjualan dipasaran, dari harga yang relatif murah, ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Tips memilih lampu kabut

1. Pilih lampu kabut yang telah menerima tanda ISO dan E. ISO adalah pedoman standar perusahaan untuk

mengukur, mengevaluasi, dan meningkatkan sistem yang menjamin kualitas dan keandalan produk secara keseluruhan. dengan hukum Uni Eropa.

2. Pilih lampu kabut yang mudah dipasang dan dipasang dan dimainkan

Untuk memilih lampu kabut, sebaiknya kit seperti kabel, sakelar, baut, relai, dan komponen lainnya, menghemat biaya dan memilih lampu depan yang lebih mudah dipasang sehingga bumper untuk pemasangan lampu kabut tidak lagi berubah. .

3. Pilih lampu kabut tahan air

Ketiga adalah memilih fog lamp yang kedap air (waterproof) yang akan mencegah terjadinya korsleting atau korsleting pada komponen lampu saat terkena hujan atau saat dipaksa menembus kolam.

4. Pilih lampu kabut dengan reflektor

Dengan memilih fog lamp dengan fungsi reflektor, pengemudi dapat menyesuaikan pencahayaan dengan kebutuhannya, yang lebih efektif digunakan saat hujan atau kabut.

Semoga beberapa tips di atas bisa menjadi pertimbangan saat memilih fog lamp yang tepat sebagai fog lamp untuk mobil Anda. Dan yang terpenting, budget dan fungsi fog lamp yang cocok untuk Anda.

Check Also

5 Komponen Motor yang Harus Rutin Diganti, Jangan Sampai Lupa!

caramesin.com-Sepeda motor merupakan jenis mobil yang paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Ini lebih praktis …

Leave a Reply

Your email address will not be published.