Fakta Menarik tentang Piranha, Ikan Predator dari Amerika Selatan

caramesin.com – Fakta Unik tentang Piranha, Ikan Predator dari Amerika Selatan,Fakta Luar Biasa Piranha, Ikan Predator dari Amerika Selatan

caramesin.com. Ikan Piranha sering digambarkan sebagai ikan air tawar yang ganas, karena kecenderungan mereka sebagai karnivora.

Fakta Unik tentang Piranha, Ikan Predator dari Amerika SelatanJika pernah menonton film Piranha, pasti tahu keganasan ikan bengis ini. Piranha memiliki gigi tajam dan naluri mangsa yang tinggi, membuat mereka mungkin spesies ikan yang paling ditakuti.

Tapi apakah keganasan piranha di film itu sama dengan kehidupan ikan di dunia nyata? Berikut adalah beberapa fakta luar biasa tentang piranha yang ingin Anda ketahui.

1. Gambaran mengerikan piranha berasal dari tulisan Theodore Roosevelt

Ketika Roosevelt melakukan perjalanan ke Amazon, Brasil, pada tahun 1913, penduduk setempat perlu melakukan tindakan untuk presiden Amerika Serikat sebelumnya.

Warga sengaja membuang seekor sapi hidup ke sungai yang dipenuhi piranha. Ikan-ikan ini sebelumnya sengaja diambil dan dibiarkan kelaparan.

Ketika sapi memasuki air, piranha yang bersemangat dengan cepat memakan sapi dengan giginya yang tajam, hanya menyisakan tulang.

Dalam bukunya, Roosevelt menyebutkan bahwa piranha adalah mesin pembunuh yang luar biasa. Ikan ini dianggap lebih menakutkan daripada ikan hiu dan ikan barakuda.

Ikan piranha juga dikatakan memiliki pilihan untuk menjelekkan individu yang berenang di sungai atau hewan besar yang dilukai.

2. Habitat alaminya di Amerika Selatan Habitat alami ikan piranha adalah sungai-sungai di

Amerika Selatan. Piranha dilacak di sepanjang sungai Orinoco di Venezuela ke sungai Parana di Argentina.

Hingga saat ini diperkirakan ada sekitar 30 spesies ikan piranha yang hidup di danau dan sungai di Amerika Selatan.

Ikan piranha juga diperkirakan telah menghuni sungai di Amerika Selatan jutaan tahun yang lalu. Fosil Piranha menunjukkan bahwa ikan ini mulai menguasai sungai di Amerika Selatan sejak 25 juta tahun yang lalu.

See also  ไวรัล "Swimming Pool Villa" ราคา 5 หมื่น แพงมาก สาวน้อยเล่าประสบการณ์กับสัตว์น่าขยะแขยง

3. Gigi Piranha kuat dan tajam, tapi bisa rontok

Nama “piranha” berasal dari bahasa masyarakat Tupi, sebuah klan yang tinggal di Brasil. Piranha sendiri berarti “ikan kasar”. Hal ini sesuai dengan ciri-ciri ikan yang tajam dan menghebohkan. Piranha terkenal sebagai jenis ikan yang memiliki gigitan kuat dan tajam yang disandingkan dengan gigitan yang tak henti-hentinya pada mangsanya. Bentuk gigi piranha sering dikontraskan dengan pisau yang tajam. Bentuk gigi piranha juga disesuaikan dengan pola makan ikan tersebut.

Struktur gigi piranha sebenarnya mirip dengan hiu, jadi wajar jika piranha kehilangan gigi sepanjang hidupnya.

4. Piranha memakan mayat manusia, bukan manusia hidup

Apa yang ditampilkan dalam film Piranha sebenarnya hanyalah cerita yang dilebih-lebihkan. Yang pasti, piranha tidak akan memakan manusia yang sehat dan hidup.
Gagasan bahwa piranha dapat menghancurkan manusia sepertinya hanya legenda. Ada kasus piranha memakan manusia di Amerika Selatan di masa lalu, tetapi biasanya korban sebelumnya mati lemas atau menendang ember sebelum menjadi mangsa piranha.

Menurut penelitian, dibutuhkan sekitar 300 hingga 500 ikan piranha untuk memakan 180 kilogram daging manusia hanya dalam waktu sekitar 5 menit.

5. Piranha pada umumnya pemakan daging, tetapi ada juga yang vegan

Makanan Piranha adalah serangga, ikan, udang, ulat daging, dan biji-bijian. Jika sumber makanannya berkurang, piranha bisa menjadi predator bagi piranha lain, baik yang masih hidup maupun yang sudah mati.

Terlepas dari kenyataan bahwa piranha dikenal sebagai ikan pemakan daging, ada beberapa jenis piranha yang memakan biji dan tumbuhan.

6. Piranha mungkin menyerang saat diganggu

Piranha memang terkenal karena mengejar manusia, tetapi sebenarnya ikan ini mungkin menyerang jika diganggu.

See also  Info Angka Jitu Dan Kode Alam Tentang Ikan Gabus

Biasanya, ikan piranha menyerang penyelam jika permukaan air sungai turun, mangsa mulai habis, atau ada sesuatu yang mengganggu telurnya.

Jadi, jika seseorang berada dalam situasi di mana piranha sangat bersemangat atau merasa diremehkan, ikan akan menjadi lebih agresif dan mungkin mengejar manusia.

7. Piranha bisa menggonggong

Salah satu keunikan dari ikan piranha adalah dapat mengeluarkan tiga suara khas sebagai pemberitahuan terlebih dahulu kepada saingannya. Saat dimangsa oleh ikan lain, piranha akan mengeluarkan suara yang mirip dengan gonggongan anjing.

Saat bertarung dengan ikan lain, piranha mengeluarkan suara dengusan atau dentuman yang dihasilkan oleh organ kantung renang.

Related posts