Dorong Literasi Keuangan, Mastercard Gandeng Fintech

caramesin.com-Dorong Literasi Keuangan, Mastercard Gandeng Fintech Jumlah pengguna web di Indonesia yang mencapai 202 juta orang atau 73% dari total penduduk pada tahun 2020 menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna web terbesar keempat di dunia.

Kemudian lagi, We Are Social Survey pada April 2021 juga mengatakan bahwa 88,1 persen pengguna web di Indonesia menggunakan layanan bisnis berbasis web untuk membeli produk tertentu dalam beberapa bulan terakhir, tingkat ini adalah yang tertinggi di planet ini.

Sayangnya, jumlah tersebut tidak sebanding dengan jumlah transaksi digital yang dilakukan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh rendahnya literasi moneter, tingkat gaji, dan permodalan bagi UMKM, terutama di daerah non-metropolitan.

Kondisi ini mencerminkan kebutuhan khusus akan solusi yang dapat meningkatkan inklusi moneter untuk menumbuhkan akses individu ke berbagai layanan moneter, mulai dari pembayaran hingga tabungan, pembayaran, dan investasi.

Untuk meningkatkan inklusi moneter di Indonesia, Mastercard, sebuah organisasi inovasi di industri cicilan di seluruh dunia, telah bekerja sama dengan Ayoconnect, tahap Open Finance terbesar di Asia Tenggara dengan menjalankan program berbasis inovasi keuangan terbuka. Melalui organisasi keuangan yang ditanamkan Ayoconnect, Mastercard memberikan insentif bagi masyarakat Indonesia untuk mengurus tagihan di panggung berbasis internet.

Klasifikasi transaksi ini dipilih sebagai tujuan program karena dianggap memiliki pilihan untuk menghubungi seluruh lapisan masyarakat. Pasalnya, Survei Nasional BPS tahun 2021 menyebutkan bahwa pengeluaran untuk tagihan rutin berkontribusi sebesar 24 persen dari pengeluaran per kapita individu per bulan pada umumnya.

Insentif disalurkan melalui potongan harga hingga Rp50.000 untuk pembayaran 10 kategori produk digital dan charging produk di lima platform bisnis berbasis web dan dompet digital di Indonesia.

See also  Warna Dan Model Brokat Yang Lagi Trend Di Tahun 2022

Kesepuluh kategori produk digital dan produk charging tersebut antara lain pulsa, paket informasi, listrik, air, web, televisi satelit, telepon, voucher game, BPJS Kesehatan, dan voucher digital. Platform yang berpartisipasi dalam program ini adalah JD.ID dan DANA. Bisnis online lain juga mau join untuk sisa time frame discount juni 2022..

President and Founder Ayoconnect, Jakob Rost, mengatakan kerjasama antara Mastercard, bisnis internet, dan dompet digital merupakan sinergi yang diharapkan dapat memberikan pengalaman bertransaksi yang aman dan mudah bagi pelanggan.

“ Ayoconnect senang dapat mengambil bagian dalam kolaborasi antara Mastercard dan lima platform bisnis online dan dompet digital melalui organisasi keuangan terbuka kami. Ke depan, kami akan terus melakukan pengembangan untuk membangun infrastruktur inovasi moneter sebagai salah satu pilar mendukung perkembangan keuangan digital di Indonesia.” Hal itu disampaikannya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 24 Mei 2022.

Country Manager Mastercard Indonesia Navin Jain mengatakan Mastercard senang dapat bekerja sama dengan Ayoconnect untuk memberikan akses ke layanan keuangan digital yang dapat mengatasi masalah konsumen di waktu digital.

“Melalui upaya terkoordinasi ini, konsumen akan benar-benar ingin melakukan pembayaran tagihan secara aman dan menguntungkan melalui platform online. Mastercard percaya bahwa digitalisasi sistem cicilan akan meningkatkan kecepatan dan kemampuan bertransaksi, sehingga mempercepat perkembangan moneter dan inklusi moneter di Indonesia. .” dia jelas.

Related posts