Definisi APY? Bisakah Investasi Crypto Buat Beli Mobil?

caramesin.com – Apa itu APY? Bisakah Investasi Crypto Buat Beli Mobil?,Ketika kita berbicara tentang investasi kripto, kita sama sekali tidak menghindari istilah APY. Begitu juga jika kita ingin meminjam uang ke bank, pasti ada bunga yang menyertai peminjaman uang. Cryptoinvestments sekarang menunjukkan bahwa ada juga bunga yang harus dibayar. Tidak hanya APY, ada APR dalam pembicaraan cryptoinvestment.

Jadi apa itu APY? Apa itu APR? Apakah ada hubungan di antara mereka dalam investasi kripto? Agar tidak bingung dengan istilah-istilah tersebut, yuk simak ulasannya berikut ini!

Apa itu APY? Bisakah Investasi Crypto Buat Beli Mobil?,

Apa itu APY?

APY adalah singkatan dari Annual Percentage Yield, yang merupakan tingkat pengembalian “moneter” atas investasi yang dilakukan selama periode waktu tertentu (biasanya setiap tahun) yang diperlakukan sebagai bunga majemuk. Tingkat bunga investasi kripto jelas berbeda dengan tingkat pinjaman uang pada umumnya, karena tingkat bunga majemuk ini dihitung dari waktu ke waktu dan kemudian ditambahkan ke neraca investor. APY ini dapat menjadi indikator dalam hal mengukur jumlah nominal yang diperoleh investor, dihitung pada tahun sebelumnya. Oleh karena itu, APY ini juga bisa disebut sebagai metode yang mengukur bagaimana minat meningkat dari waktu ke waktu. Seiring dengan pertumbuhan neraca, tingkat bunga yang diterima investor juga meningkat.

Sekarang, ketika kita berbicara tentang bunga majemuk, ini tentang pentingnya keuntungan yang diperoleh investor dari aset dan juga dari investasi yang dimiliki, terutama mata uang kripto. Tersedianya bunga majemuk memang bisa menjadi daya tarik, sehingga masyarakat mau berinvestasi. Kehadiran pengguna bunga majemuk dapat menghasilkan uang bagi kita dalam jangka panjang.

Bagaimana cara menghitung bunga menggunakan rumus APY?

Untuk menghitung laba atas investasi menggunakan rumus APY, perlu dipahami kembali apa itu bunga majemuk. Berdasarkan penjelasan sebelumnya, bunga majemuk adalah bunga yang diperoleh kemudian selama jangka waktu yang telah ditentukan.

See also  7 Cara Untuk Menjadi Value Investor | Modal Sabar Ajah

Berikut rumus menghitung bunga menggunakan rumus APY

APY= (1 + r/n )^n – 1

r = interest rate

n = periode compound interest (pada APY, biasanya n = 12 bulan)

Jadi apa itu APR? Berbicara tentang APY sama sekali tidak terlepas dari keberadaan APR. APR adalah singkatan dari Annual Percentage Rate, yang merupakan persentase tingkat bunga tahunan yang dibayarkan oleh investor kepada kreditur. Seperti di cryptworld, keberadaan APR dan APY pada pandangan pertama adalah sama, namun pada kenyataannya APR tidak memperhitungkan adanya bunga majemuk pada saat tahun sebagai APY.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dalam dunia cryptocurrency, keberadaan APR ini adalah jumlah bunga tahunan yang ditawarkan oleh investor kepada klien dalam hal token kredit atau aset crypto.

APR ini akan menjadi persentase yang mewakili cicilan tahunan selama durasi pinjaman, dikurangi dari durasi investasi itu sendiri. Selain itu, APR ini akan dikenakan biaya tambahan dengan sistem transaksi, namun tidak memperhitungkan adanya bunga majemuk seperti APY.

Sedangkan jika kita berbicara tentang APR dalam bidang uang kredit, tentunya APR ini dapat digunakan terutama untuk uang yang ingin kita pinjam. Misalnya, jika kita ingin menggunakan kartu kredit untuk meminjam mobil, maka kita membeli pinjaman ekuitas rumah untuk kredit kita untuk biaya pendidikan.

APR akan menunjukkan jumlah bunga yang harus kita bayar ketika kita mengajukan pinjaman tertentu. Semakin rendah APR, semakin sedikit bunga yang akan Anda terima dan harus Anda bayar. Bagaimana cryptocurrency APR dihitung?
Seperti halnya APY, perhitungan APR ini juga membutuhkan rumus khusus, yaitu:

Keterangan:

Interest     = Total bunga yang dibayarkan selama masa pinjaman

Principal   = Jumlah pinjaman

See also  Tumbuh Lebih Pesat, Target Harga Saham Mitra Adiperkasa (MAPI) Direvisi Naik

n                  = Jangka waktu pinjaman

Apa perbedaan antara APY dan APR dalam cryptocurrency?
Tentu saja, ada perbedaan antara APY dan APR di dunia cryptocurrency, meskipun hampir sama. Dikatakan serupa karena keduanya merupakan standar suku bunga, yang kemudian dinyatakan dalam persentase per tahun.

Jadi apa perbedaan signifikan antara APY dan APR? Yuk simak ulasannya berikut ini!

APY APR
Terdapat bunga majemuk (compound interest) Tidak terdapat adanya bunga majemuk (compound interest)
Sangat direkomendasikan untuk pihak investor Direkomendasikan untuk pihak peminjam
Keberadaan bunga majemuk (compound interest) cenderung membuat pertumbuhan investasi atau biaya pinjaman menjadi lebih tinggi Karena tidak terdapat adanya bunga majemuk (compound interest), maka pertumbuhan investasi atau biaya pinjamannya menjadi lebih rendah daripada APY

Apakah mungkin untuk membeli mobil dari cryptoinvestors?

Jawabannya iya. Mereka harus memiliki gambaran dan kepekaan untuk menganalisis tren pasar. Jika Anda tahu kapan harus membeli dan kapan harus menjual, mungkin ada pendapatan. Selain itu, Anda dapat berinvestasi jangka panjang dalam cryptocurrency dengan prospek yang baik. Ingatlah bahwa tentu saja ada risiko besar di balik keuntungan besar. Anda perlu mempertimbangkan risiko yang mungkin Anda hadapi. Anda juga bisa berinvestasi pada hal lain, seperti saham, obligasi, tanah atau emas, yang relatif aman.

Anda tentu saja dapat menggunakan hasil investasi ini untuk membeli mobil, rumah, atau barang lainnya.

Kesimpulan

Keberadaan APY dan APR merupakan cara khusus untuk menghitung apakah investor atau kreditur tertarik untuk berinvestasi atau meminjamkan produk. Meski hampir identik, keduanya memiliki dua perbedaan yang signifikan, salah satunya di APY adalah perhitungan bunga majemuk, sedangkan di APR tidak demikian.

See also  Fee atau Pajak Sekuritas Termurah hingga Termahal di Seluruh Indonesia

Sekarang ini adalah ikhtisar tentang apa itu APY dan bagaimana perbedaannya dari APR di dunia cryptocurrency. Jika Anda ingin menghitung berapa bunga majemuk (compound interest) yang bisa Anda dapatkan melalui Crypto Investments, hitunglah dengan benar… Jangan sampai salah perhitungan yang benar-benar rugi.

Related posts