Cara Bongkar AC Tanpa Buang Freon yang Benar

caramesin.com – Cara Bongkar AC Tanpa Buang Freon yang Benar,Cara membongkar sistem pengatur suhu tanpa membuang freon ternyata sangat mudah dan strateginya sederhana, asalkan kita memiliki keahlian di bidang refrigerasi. Namun, akan menjadi cerita yang berbeda bagi orang awam yang memiliki sedikit pengetahuan tentang mesin pendingin ini.

Cara Bongkar AC Tanpa Buang Freon yang Benar,Oleh karena itu, di sini saya perlu berbagi beberapa tips atau panduan dengan Anda tentang cara membongkar sistem udara paksa dengan benar. Dengan demikian, gas refrigerant di dalamnya tidak terbuang ke udara bebas.

Seperti yang mungkin sudah kita ketahui, gas refrigeran pasti sering kita sebut dengan freon, jika dikeluarkan terlalu tinggi, efeknya dapat mengganggu lingkungan. Seperti, menyebabkan kerusakan atmosfer yang berbahaya (peningkatan suhu di seluruh bumi) dan selanjutnya merusak lapisan ozon.

Oleh karena itu, sebagai praktisi refrigerasi, kita harus menjaga lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan tidak sembarangan membuang freon di sistem pendingin.

..juga, langsung saja, berikut adalah beberapa perangkat keras yang harus kita rencanakan sebelum membongkar unit AC.

  • Obeng ( – ) dan ( + )
  • taspen
  • Kunci (L) satu kursi (karena beberapa sistem kontrol iklim tidak berukuran sama)
  • kunci pas 2 buah
  • Cek manifold
  • Tang potong
  • Palu

Setelah semua perangkat keras di atas sudah kita siapkan, sekarang ikuti langkah demi langkah untuk membongkar AC yang menyertainya.

Cara membongkar sistem udara paksa tanpa membuang freon yang tepat

Cara menyimpan/menyedot freon pada sistem AC

1# Langkah pertama: Nyalakan sistem kontrol iklim terlebih dahulu, lalu biarkan selama beberapa saat agar aliran freon stabil.

2# Langkah kedua: Sekarang Anda masuk ke bagian outdoor unit, lalu buka bagian shipping link dan tutup spigot saluran refrigerant (jika ada).

See also  5 Fungsi Water Pump Pada Sistem Pendingin Kendaraan, Simak!

3# Langkah ketiga: Buka penutup katup pengisian freon, lalu sambungkan selang biru manifold ke perlengkapan pengisian freon (jangan lupa tutup spigot manifold).

4# Langkah keempat: Buka tutup/baut faucet saluran kecil dan besar menggunakan kunci inggris.

5# Langkah kelima: Selanjutnya, tutup perlengkapan garis kecil terlebih dahulu menggunakan tombol L (ingat garis kecil terlebih dahulu).

6# Langkah keenam: Perhatikan jarum pada manifold, perlahan-lahan akan turun dan memastikan mencapai 0 (ZERO).

7 # Langkah ketujuh: Kemudian, segera tutup perlengkapan saluran besar menggunakan tombol L, lalu alihkan AC di belakang pintu tertutup secepat mungkin. Agar cepat bisa memotong link kirimannya menggunakan tang potong yang sudah di berikan, atau anda bisa mengatur teman anda untuk cepat mematikan AC melalui remote yang tentunya sudah anda bicarakan terlebih dahulu dengan teman anda .

Sampai sekarang, selamat, Anda telah berhasil menyedot atau menyimpan gas freon ke dalam motor kompresor. Kemudian, Anda dapat mulai membongkar sistem udara paksa di bagian dalam atau luar ruangan, itu sangat tergantung pada Anda yang mana yang Anda butuhkan terlebih dahulu.

..namun, saya sarankan untuk melepas link power supply terlebih dahulu agar anda lebih aman saat membongkarnya.

Adapun caranya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara membongkar unit indoor AC

  • Putuskan sambungan daya terlebih dahulu
  • Hilangkan selang saluran (saluran air)
  • Lepaskan sekrup yang menghubungkan unit indoor ke pipa instalasi menggunakan 2 kunci pas (satu kunci untuk menahan, yang lain untuk memutar baut)
  • Hilangkan atau turunkan unit indoor dari breaket
  • Hilangkan breaket indoor, jika breaket dipaku ke dinding bisa dicungkil menggunakan obeng (- ) atau pahat. Namun jika tertembak akan lebih mudah untuk menghilangkannya, atau paling tidak bisa menggunakan obeng.
See also  Cara Fungsi Dan Kerja Karburator Motor FE28

Cara membongkar unit AC luar ruangan

  • Putuskan sambungan daya pengiriman dari unit dalam-ruang
  • Hilangkan baut/staples yang menghubungkan unit luar-ruangan ke pipa instalasi
  • Jika unit dalam keadaan putus, lepas baut pengikat antara unit luar-ruang dan pemutus, kemudian turunkan unit dalam-ruang dari pemutus.
  • Kemudian silahkan hilangkan breaket dari dinabol yang menempel di dinding menggunakan kunci inggris atau wrench.

Jika unit luar tidak rusak, lewati langkah 3 dan 4.

Pastikan juga Anda melakukan cara membongkar sistem kontrol iklim ini dengan sempurna, sehingga sistem udara paksa tetap terlihat bagus saat Anda perlu memasangnya kembali nanti. Jika memungkinkan, bongkar juga pipa instalasi, karena jika masih layak pakai, saluran tersebut masih bisa digunakan kembali.

Namun, jika tidak realistis, misalnya ada garis yang dibuat di dinding, lebih baik biarkan saja daripada harus merusak/membongkar dinding.

Memang itulah beberapa tips atau panduan cara membongkar sistem climate control tanpa membuang freon dari kami, idealnya dapat membantu Anda. Jika ada yang masih belum dipahami, silahkan tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar. Saya akan sangat bersemangat untuk membantu Anda.

#Terimakasih,Semoga Bermanfaat 😉

Related posts