Berikut Penyebab Lampu Motor Mati dan Cara Mengatasinya

caramesin.com – Penyebab Lampu Motor Mati dan Cara Mengatasinya,Lampu mobil merupakan fitur terpenting yang harus ada. Sangat berbahaya saat mengendarai sepeda motor dan tanpa lampu. Selain itu, sesuai regulasi saat ini, lampu peringatan mesin harus tetap menyala pada pagi, siang, dan malam hari. Karena itu, jaga agar lampu tetap menyala dan mati. Jika warning light tidak menyala, segera periksa penyebab matinya lampu motor untuk mencari solusi yang tepat untuk memperbaikinya. Lampu tidak memiliki dampak teknis pada kinerja mesin, tetapi sistem pencahayaan memastikan keamanan. Sistem pencahayaan akan memberikan keamanan yang lebih besar bagi pengemudi, karena lampu ini menerangi jalan yang gelap. Lalu kenapa lampu depan mesin tiba-tiba mati? Cari tahu penyebab lampu mesin berikut ini.

Penyebab mati lampu dan solusi sepeda motor

Penyebab mati lampu dan solusi sepeda motor

Penyebab mati lampu sepeda motor secara mendadak dapat dipelajari dengan melakukan pemeriksaan peralatan pada saat lampu mati. Gejala mati lampu mesin biasanya terjadi saat putaran mesin sedang berjalan. Gejala lain sering terjadi karena komponen mesin lemah, sehingga sengatan listrik yang masuk ke lampu tidak kuat. Di bawah ini adalah beberapa penyebab lampu depan sepeda motor:

Sekering listrik putus

Sepeda motor biasanya memiliki tiga atau lebih stand dengan warna dan kapasitas yang berbeda. Jika sekring putus, rangkaian listrik juga akan terputus dari baterai. Inilah sebabnya meskipun saklar lampu menyala, lampu tidak menyala karena lampu tidak memiliki listrik. Sekering putus dapat dipengaruhi oleh banyak faktor dan penyebab paling umum adalah korsleting. Kemudian mesin mati dan tidak menyala dengan benar.

Penyebab lampu sepeda motor padam karena korsleting bisa terjadi ketika kabel yang tidak terbungkus menyentuh rangka mesin. Atau bisa juga terjadi pada salah satu soket lampu. Oleh karena itu, hubung singkat ini menyebabkan arus listrik berlebih, sehingga sekring tidak cukup kuat untuk menahan aliran arus. Jika penyebabnya adalah sekring putus, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

See also  Honda Forza 350 Telah Hadir Dengan Tampilan Baru Nyah

Siprus Rusak

Jika Anda sudah mengetahui penyebab lampu peringatan mesin padam, Anda dapat memperbaikinya sesegera mungkin. Meskipun kiprok tidak ada hubungannya dengan sistem penerangan, namun jika kiproknya lemah maka lampu akan padam. Sebaliknya jika kiprok putus maka tidak dapat mengontrol tegangan yang mengalir.
Kematian motor koil
Spull adalah generator yang menghasilkan listrik untuk memenuhi semua kebutuhan motor listrik. Fungsi utama kumparan adalah untuk menghasilkan listrik. Jika terjadi kesalahan, koil otomatis tidak sedang mengisi daya. Ini memastikan bahwa baterai terus-menerus habis sehingga baterai dapat diisi ulang secara berlebihan. Jika demikian, tidak hanya lampu tetapi semua sistem kelistrikan mesin menyala.

Baterai lemah

Baterai rendah dikaitkan dengan kondisi koil yang kosong. Namun, masalah koil biasanya terdeteksi saat mesin dihidupkan. Di sisi lain, lampu yang mati karena kekurangan baterai dapat terdeteksi di pagi hari jika ingin menghidupkan mesin, tetapi tidak bisa. Baca juga: Tips Mengendarai Mobil dengan Baterai Kecil

Nah, itulah beberapa penyebab lampu mesin padam. Setelah Anda mengetahui penyebab lampu mesin padam, Anda akan tahu cara memperbaikinya dengan benar. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa sekring motor. Biasanya letak sekring ini berada di dekat aki sepeda motor. Jika ada yang terputus, cari korsletingnya. Kemudian ganti sekring baru untuk mengembalikan motor seperti semula. Jika sekring masih dalam kondisi baik, penyebab lain mungkin disebabkan oleh baterai, tumpah atau pecah.

Related posts