Breaking News

Beragam Manfaat Okra dan Cara Mengolahnya

caramesin.com-Beragam Manfaat Okra dan Cara Mengolahnya Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui tanaman okra. Padahal, ada banyak manfaat oker yang sayangnya terabaikan. Di balik teksturnya yang halus, okra menyimpan banyak nutrisi yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Okra (Abelmoschus Esculentus), atau dikenal sebagai “jari wanita”, adalah tanaman milik keluarga yang sama kembang sepatu dan kapas. Tanaman ini banyak terdapat di Afrika, Timur Tengah dan Asia, termasuk Indonesia. Berbagai Khasiat Buah Oker dan Cara Mengolahnya – Alodokter

Okra adalah buah asli. Namun, tanaman ini selalu dianggap sebagai sayuran dan sering diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari lalapan, hingga gorengan atau gorengan.

Kandungan Gizi Okra

Satu porsi oker mentah (sekitar 100 gram) memiliki sekitar 33 kalori dan nutrisi berikut:

7-7,5 gram karbohidrat
2 gram protein
3 gram serat
60 miligram fosfor
55-60 miligram magnesium
300 miligram potasium
700 IU vitamin A
23 miligram vitamin C
60 mikrogram folat
30 mikrogram vitamin K.
Selain berbagai nutrisi di atas, okra juga mengandung kolin, seng, selenium, vitamin B kompleks, vitamin E dan juga berbagai antioksidan seperti polifenol, flavonoid, isoquercetin, lutein dan zeaxanthin.

Berbagai manfaat Okra untuk kesehatan

Okra merupakan makanan murah dan bergizi yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat okra yang tidak akan terlupakan:

1. Menurunkan dan mengontrol gula darah

Salah satu manfaat oker yang terkenal adalah membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi oker secara teratur tampaknya mengurangi tingkat penyerapan gula darah di usus dan meningkatkan sensitivitas insulin.

See also  Cara Membuat Tepung Kanji

Okra juga termasuk makanan kaya serat glisemik rendah. Oleh karena itu okra sangat cocok untuk penderita diabetes, karena tidak mempercepat peningkatan kadar gula darah. Sedangkan okra dapat bermanfaat bagi orang sehat dalam mencegah resistensi insulin dan diabetes.

2. Menjaga fungsi dan kesehatan pencernaan

Keuntungan lain dari okra adalah meningkatkan pencernaan dan mencegah serta menyembuhkan sembelit. Hal ini karena kandungan serat dan air yang tinggi dapat merangsang buang air besar dan menyebabkan feses lebih lembut dan padat.

Okra juga diketahui memiliki efek prebiotik, sehingga mampu menyeimbangkan jumlah bakteri baik dalam usus (probiotik) dan menghambat pertumbuhan kuman penyebab penyakit pada saluran pencernaan.

3. Jaga kesehatan jantungmu

Okra kaya akan serat, vitamin dan mineral, serta antioksidan yang baik untuk mengurangi peradangan, mencegah pembekuan darah, mengontrol tekanan darah dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Berkat khasiat oker, Anda dapat terlindungi dari berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke.

4. Mengurangi risiko kanker

Ekstrak oker diketahui memiliki sifat anti kanker dan antioksidan yang berperan penting dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak oker dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Namun, manfaat oker memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Membantu menurunkan berat badan

Okra merupakan salah satu makanan yang rendah kalori namun kaya serat dan berbagai nutrisi seperti protein, karbohidrat kompleks, vitamin dan mineral. Oleh karena itu, okra sangat baik digunakan untuk menunjang keberhasilan program diet.

Namun, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari oker, Anda perlu berolahraga secara teratur dan mengurangi asupan kalori.

Cara membuat Okra menjadi hidangan yang lezat

Okra adalah tanaman yang bisa dimakan sampai bijinya masuk ke dalam. Untuk menikmati dan menikmati manfaatnya, ada beberapa cara pengolahan okra yang bisa dipilih, antara lain:

See also  Tutorial Menggunakan Mesin Bor Tangan

Panggang okra dalam oven sehingga Anda bisa memakannya sebagai camilan sehat
Masak okra dengan saus tomat dan sajikan dengan pasta
Goreng okra dengan bawang putih dan biji lainnya seperti terasi atau merica
Tambahkan okra ke sayuran panggang
Untuk menghilangkan struktur okra yang cair dan lengket, Anda bisa memasak okra dengan api besar atau mengawetkan okra dengan garam.

Hati-hati juga saat membeli okry. Pilih okra halus tanpa bintik-bintik coklat atau tepi kering. Kemudian masukkan Okra ke dalam lemari es selama kurang lebih 4 hari sebelum dimasak. Meskipun memiliki banyak manfaat potensial, disarankan untuk makan okra dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan. Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang manfaat oker atau ingin tahu apakah tanaman ini cocok untuk pengobatan penyakit tertentu, coba konsultasikan ke dokter.

Check Also

Ini 5 Patokan Waktu Ganti Oli yang Tepat untuk Kendaraan: Pemotor dan Pemobil Wajib Tahu

Seringkali perlu mengganti oli mesin mobil Anda. Oli memiliki masa pakai yang ideal, yang menurun seiring waktu dalam kualitas dan kinerja. Tapi kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli? Apakah ada indikator atau benchmark yang bisa dijadikan acuan? Patokannya sendiri bisa digunakan secara umum baik pada mobil maupun mesin. Beberapa item, seperti karakter di bawah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.