7 Tanda Kulkas Buntu dan Harus Segera di Servis

caramesin.com – 7 Tanda Kulkas Buntu dan Perlu Segera di Servis,Yang perlu diperhatikan, unit lemari es menggunakan zat pendingin yang disebut gas pendingin. Dimana refrigeran ini akan terus berputar-putar melalui saluran sistem pendingin.

Sederhananya, kompresor mengubah refrigeran dari tekanan rendah ke tekanan tinggi. Setelah melalui kompresor, refrigeran masuk ke kondensor untuk didinginkan.

7 Tanda Kulkas Buntu dan Harus Segera di ServisKemudian, refrigeran masuk ke saluran dan mengalir melalui silinder ramping ke evaporator, dan setelah itu kembali ke kompresor.

Siklus ini akan terus berulang selama lemari es dihidupkan atau digunakan.

Namun, jarak melintasi silinder tipis cukup kecil sehingga terkadang aliran refrigeran tidak lancar dan, secara mengejutkan, terhenti. Oleh karena itu, sebagian besar kemacetan refrigeran terjadi di silinder mirip rambut.

Namun, sering juga ditemukan lemari es yang berhenti beroperasi di bagian saluran. Sedangkan penggunaan saluran merupakan kelebihan tanah sehingga menyebabkan kemacetan.

Penyebab peti es mati

Penyebabnya adalah, sejujurnya, tanah dan partikel kecil lainnya di sistem pendingin. Komponen lain bisa jadi karena minyak sudah mulai mengental.

Selain itu, jika sudah diperbaiki tetapi kembali terhenti, hal ini dapat disebabkan oleh kerak pada saat proses penyambungan sambungan las.

Dimana sebelumnya garis tersebut memiliki bekas salep dan setelah itu tidak dibersihkan terlebih dahulu.

Akibatnya, oli sebelumnya menjadi kerak karena pemanasan saat pengelasan atau interfacing pipa.

Selain itu, proses perawatan juga tidak dilakukan penggelontoran menggunakan mesin vakum yang juga dapat menyebabkan refrigerant (freon) terhenti.

Hal ini menyebabkan refrigeran berbaur dengan udara dan uap air. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengosongkan sistem pendingin sebelum mengisi refrigeran.

Berbagai macam pendingin berhenti

Ada tidak kurang dari dua jenis lemari es macet, yaitu pendingin macet total dan lemari es mati sebagian. Ini bisa terjadi baik di silinder ramping atau saluran.

See also  Meskipun Mazda dan Ford berpisah setelah berpisah pada tahun 2008, kedua perusahaan tersebut berkolaborasi dalam beberapa model seperti Mazda BT50 dan Ford Ranger.

Semua keluar kemacetan

Ini berarti bahwa siklus refrigerant benar-benar terhenti dan berhenti di sisi tekanan tinggi (kondensor). Akibatnya, motor kompresor bekerja lebih keras dan lebih terik.

Karena kompresor terlalu panas, beban berlebih terbuka (mematikan arus) dan kompresor mati. Kemudian ketika suhu pada kompresor sudah mulai dingin, kontak over-burden akan tertutup dan kompresor hidup kembali.

..juga, ini akan terus berulang dan menyebabkan lemari es tidak dingin.

Kebuntuan sebagian

Jika silinder atau saluran halus terhalang sebagian, maka apa yang terjadi tidak jauh berbeda dengan kebuntuan total. Hanya saja jeda antara putaran kompresor sesekali agak lama, karena sebagian refrigeran masih bisa mengalir.

Bagian dalam kulkas masih dingin, tapi tidak cukup untuk membuat es batu. Itu hanya virus seperti kulkas khusus untuk minuman.

Karena berhentinya aliran refrigeran

Akibat dari masalah ini, tentu saja pendinginnya tidak akan dingin, atau kalaupun dingin tidak akan ideal. Artinya bagian pendingin tidak membeku seperti lemari es biasa.

Sejujurnya, jika tidak segera diperbaiki, ada kemungkinan kerusakan yang lebih serius akan terjadi. Misalnya, presentasi kompresor lemah atau tidak ideal seperti di masa lalu.

Tanda-tanda aliran refrigeran dalam pendingin jalan buntu

Jika pendingin tiba-tiba tidak dingin, dan untuk memutuskan apakah ada yang berhenti atau tidak, pada dasarnya kita dapat mengidentifikasinya dengan karakteristik yang menyertainya.

1. Bodi samping kanan dan kiri (kondensor) tidak panas

Jika bodi samping kanan dan kiri (kondensor) terasa panas saat dipegang, ini menandakan bahwa pendinginnya tipikal.

Namun, jika sebaliknya, ini pertanda bahwa pendingin terhenti di jalur aliran refrigeran.

2. Salurannya dingin saat disentuh

Kondisi khas saluran kulkas juga sama dengan kondensor, dimana akan terasa panas saat disentuh.

See also  Mesin Frais Horizontal: Cara Kerja, Kegunaan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Namun, jika saluran benar-benar terasa dingin, lemari es mungkin mengalami gangguan freon.

3. Tidak ada suara “sekrup” di dalam lemari es

Untuk pendingin biasa pada umumnya, jika kita fokus pada bagian dalam, akan terdengar seperti suara “kemricik”. Suara tersebut berasal dari aliran gas refrigerant.

Namun, jika kita mencoba untuk fokus pada tidak ada suara “sekrup”, meskipun motor kompresor berjalan, ini juga merupakan tanda penyebaran refrigeran terhenti.

Karena tidak ada refrigeran yang berputar-putar, juga tidak ada suara “berputar” di dalam lemari es.

4. Tidak ada embun beku

Pendingin tipikal akan mengeluarkan es di bagian evaporator. Jika tidak ada, bisa jadi proses pendinginan belum terjadi dan ini bisa jadi pertanda aliran freon pendingin sedang macet.

5. Evaporator tidak mendingin secara merata

Jika dingin di evaporator tidak merata, dan es batu tidak bisa membeku, bisa jadi aliran freon terhambat sebagian.

Alhasil, bagian pendingin tidak membeku tetapi hanya mendingin seperti kompartemen kulkas bawah.

6. Kompresor sering mati

Jika kompresor sering berputar-putar seperti biasa, dan diikuti dengan kondisi bagian dalam lemari es yang kurang dingin, ini juga bisa menjadi tanda lemari es yang tersumbat.

7. Saat dicek menggunakan manifold, tekanan freon menunjukkan NOL

Jika kita mencoba mengecek tekanan refrigerant menggunakan manifold, dan jarum pada manifold menunjukkan angka NOL, bisa jadi penyebaran freon tidak berjalan.

Angka NOL pada menifold tidak menunjukkan bahwa freon telah habis (kecuali ada yang putus), tetapi karena penyebaran refrigeran telah berhenti pada sisi tertentu. Dapat dihentikan di sisi kondensor, saluran, dan silinder halus.

Namun, setelah menyadari kulkas mati, lalu apa yang harus dilakukan?
Yang perlu dilakukan, jika memiliki keahlian di bidang mesin refrigerasi, bisa dicek terlebih dahulu.

See also  Cara Kerja Atau Fungsi Koil Pada Sepeda Motor

Namun, jika Anda tidak memiliki dasar-dasar dalam kerangka berpikir refrigerasi, tidak disarankan untuk melakukan perbaikan sendiri, karena diperkirakan kerusakannya dapat memburuk.

Langkah yang tepat adalah dengan meminta bantuan vendor service cooler yang mumpuni di bidangnya, dan tentunya yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

.. terlebih lagi bagi anda yang berdomisili di Jakarta Selatan bisa juga meminta bantuan kepada teknisi kami. Dimana group kami telah berpengalaman lebih dari ± 10 tahun di bidang refrigeration dan cooling.

Kami memastikan kelompok kami terampil, dan selanjutnya kami memastikan jaminan dasar multi-hari. Jika anda berminat dengan service kulkas kami, silahkan hubungi grup CS kami melalui halaman kontak.

Atau sebaliknya, Anda juga dapat mengaturnya melalui kunjungan WhatsApp di bawah ini. Segera hubungi grup kami, dan Anda juga dapat berkonsultasi tentang masalah pendingin secara gratis.

Kami telah memahami di atas tentang apa penyebab dan tanda-tanda pendingin yang terhambat, serta tindakan yang harus dilakukan. Agar tidak hanya bermanfaat bagi Anda, silakan bagikan artikel ini ke teman-teman Anda di media sosial.

Setiap spesialis pasti memiliki pengalamannya masing-masing, mungkin yang kami tulis juga berbeda dengan pengalaman teknisi lainnya.

Jika kalian punya pengalaman lain, silahkan tulis di kolom komentar dan bagaimana kalau kita diskusikan untuk menambah wawasan kita.

Related posts