7 Tanaman Ini Bisa Pengusir Nyamuk yang Aman Digunakan

caramesin.com-7 Tanaman Ini Bisa Pengusir Nyamuk yang Aman Digunakan Tanaman tahan nyamuk bisa menjadi alternatif yang lebih sehat daripada obat nyamuk. Pasalnya, bahan aktif dietil meta-toluamida (DEET) dalam obat nyamuk berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Beberapa tanaman, seperti adas bintang, serai, lavender, lemon eucalyptus dan daun mint, dianggap tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini tidak membunuh nyamuk, tetapi dapat mengurangi interaksi nyamuk-manusia untuk mencegah nyamuk.

Perasaan pengusir nyamuk kimia

Obat nyamuk atau lotion semprot biasanya ditambahkan dengan 5-99% DEET. Di satu sisi, bahan kimia ini menawarkan perlindungan terhadap nyamuk hingga 12 jam. Namun di sisi lain, penggunaan bahan kimia membawa risiko efek kesehatan yang merugikan.

DEET dapat mengiritasi kulit dan dalam beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan reaksi kulit yang buruk. Ada laporan bahwa paparan DEET dosis tinggi juga dapat menyebabkan insomnia, penurunan fungsi mental dan gangguan mood.

Kelambu atau semprotan dengan kandungan DEET 10-30% dianggap aman untuk digunakan pada anak kecil dari 2 bulan hingga orang dewasa. Pilih Tanaman Nyamuk
Anda mungkin tertarik dengan cara mengusir nyamuk dengan cara yang lebih alami, yaitu menggunakan tanaman. Berikut ini adalah tanaman yang dipercaya dapat membantu nyamuk:

1. Lemon

Serai atau serai sudah lama dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Aroma tanaman ini segar untuk manusia, tetapi nyamuk tidak menyukainya. Anda bisa menanam serai di rumah di pekarangan rumah atau di pot untuk mencegah nyamuk.

2. Kayu Manis

Satu studi menemukan bahwa minyak kayu manis dapat membunuh gigitan nyamuk. Tidak hanya itu, menyemprotkan minyak kayu manis pada kulit atau sekitar rumah juga dapat mengusir nyamuk dewasa.

See also  Download Jojoy APK 3.1.2 Android 2022, Dapatkan Semua APK Secara Gratis Tanpa Root

3,Waktu

Minyak ekstrak thyme juga dapat melindungi dari gigitan nyamuk. Jika Anda ingin membuat insektisida sendiri dari tanaman pengusir nyamuk ini, coba campurkan 60 mililiter air dengan 5 tetes minyak thyme. Semprotkan bagian tubuh atau area yang Anda inginkan jauh dari nyamuk.

Waktu

Minyak ekstrak thyme juga dapat melindungi dari gigitan nyamuk. Jika Anda ingin membuat insektisida sendiri dari tanaman pengusir nyamuk ini, coba campurkan 60 mililiter air dengan 5 tetes minyak thyme. Semprotkan bagian tubuh atau area yang Anda inginkan jauh dari nyamuk.

4. Permen

Daun mint yang harum dan menenangkan juga merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang paling efektif. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak minyak daun mint efektif dalam mencegah infeksi nyamuk Anopheles di dalam tubuh.

5. Lavender

Minyak terbentuk dari lavender yang dihancurkan. Minyaknya digunakan untuk mengusir nyamuk. Oleskan minyak dari tanaman untuk mengusir nyamuk di cabang untuk mencegah gigitan nyamuk.

6. Eucalyptus citroen

Minyak kayu putih lemon membantu mencegah gigitan nyamuk dan dapat bekerja hingga 2 jam. Obat nyamuk dengan minyak kayu putih lemon bisa sama efektifnya dengan obat nyamuk dengan DEET 6,65%. Namun, minyak ini tidak cocok untuk anak di bawah 3 tahun.

Jangan salah jika ingin membeli. Pilih minyak lemon eucalyptus, yang dibuat sebagai pengusir nyamuk dan bukan sebagai minyak esensial.

7. kedelai

Kedelai dapat diolah menjadi minyak kedelai untuk mencegah gigitan nyamuk. Untuk efek terbaik, campur minyak kedelai dan minyak serai. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi kedua resep ini efektif dalam membasmi lebih dari satu spesies nyamuk.

Tanaman ini secara alami dapat mengusir nyamuk, tetapi Anda juga harus berhati-hati saat menggunakannya, terutama jika dalam bentuk minyak, karena ada kemungkinan Anda alergi terhadap bahan-bahan tersebut. Sebagai tindakan pencegahan, pertama-tama cobalah untuk mengoleskan sedikit pada kulit Anda dan berdiri sebentar. Anda tidak alergi terhadap minyak kecuali ada ruam atau iritasi. Anda bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Related posts