5 Manfaat Konsumsi Oatmeal untuk Kendalikan Kolesterol Tinggi

caramesin.com-5 Manfaat Konsumsi Oatmeal untuk Kendalikan Kolesterol Tinggi sering menjadi menu sarapan untuk hidup sehat. Tidak hanya mengenyangkan, ternyata sereal juga memiliki kendali atas kolesterol.

Gaya hidup dan pola makan yang sehat semakin banyak peminatnya. Banyak orang saat ini yang pintar memilah makanan dan menyesuaikannya dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Sangat mungkin makanan sehat yang paling terkenal adalah sereal. Oat dapat diolah menjadi berbagai masakan seperti bubur sereal, smoothies, atau bahkan susu oat.

Konsumsi sereal yang tinggi serat dan kaya akan vitamin dan mineral lainnya tentunya dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Tidak hanya mengenyangkan, konsumsi sereal secara normal juga terbukti sangat mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh.

1. Menyerap kolesterol di usus

Banyak makanan ekstra disimpan dan mengendap di usus. Mulai dari sisa makanan yang sudah kehabisan nutrisi, lemak, hingga kolesterol.

Deposit kolesterol di usus secara signifikan mempengaruhi kadar kolesterol umum dalam tubuh. Konsumsi oat berserat tinggi dikatakan menarik dalam membawa timbunan kolesterol ini keluar dari usus.

Sereal yang memiliki serat larut sangat mudah dicerna tanpa mengganggu parsel pencernaan. Ketika nutrisi, vitamin dan mineral oat telah diserap oleh tubuh, oat akan menyerap kolesterol di usus dan melakukannya bersama-sama.

2. Menurunkan kadar LDL

Kolesterol terdiri dari dua jenis, yaitu kolesterol jahat spesifik atau LDL dan kolesterol besar atau HDL. Ketika kadar kolesterol jahat meningkat, ini adalah situasi yang harus segera diatasi karena sangat buruk bagi kesehatan.

Jika kolesterol jahat memasuki aliran darah dan mengendap, efeknya adalah penyumbatan pembuluh darah. Banyak kasus masalah kesehatan jantung yang berawal dari ini.

Sebelum kolesterol jahat ini diserap dan masuk ke dalam darah, perlu makan makanan berserat tinggi untuk menahannya agar tidak diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh. Oat adalah salah satu makanan tinggi serat larut yang direkomendasikan untuk mengobati kondisi ini.

See also  Ketahui Ciri-Ciri Menstruasi Tidak Normal di Sini

3. Menurunkan kadar kolesterol habis-habisan

Kolesterol all out adalah kadar berbagai macam kolesterol, baik LDL maupun HDL dalam tubuh. Namun dalam banyak kondisi, kadar LDL adalah yang paling berdampak pada kadar kolesterol dalam tubuh secara umum.

Ketika LDL atau kolesterol jahat berhasil diturunkan, kadar kolesterol dalam jumlah besar akan lebih mudah diturunkan. Selain menurunkan kadar LDL, peningkatan kadar HDL juga harus dimungkinkan untuk membantu menekan efek mengerikan dari timbunan kolesterol dalam tubuh.

Perbanyak makanan berserat tinggi seperti sereal agar dinilai memiliki efektivitas yang tinggi untuk mengendalikannya. Serat larut yang dikonsumsi juga akan mengikat kolesterol jahat keluar dari tubuh.

4. Tidak ada efek pada kolesterol besar

Dalam hal menyerap kolesterol dan melakukannya, oat berbeda dari makanan berserat tinggi lainnya. Beberapa makanan masuk bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dengan meningkatkan kadar kolesterol tinggi.

Tapi dalam sereal, kolesterol besar tidak akan terpengaruh ketika kolesterol jahat diserap. Oat hanya akan menyerap kolesterol jahat, mengikatnya, dan membantu mengeluarkannya melalui saluran pencernaan.

Kolesterol besar akan tetap pada jumlah yang sebenarnya, tidak akan berkurang, dan tidak akan bertambah. Hal inilah yang kemudian membuat para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi oat untuk mengontrol kolesterol karena hanya berfokus pada kadar kolesterol yang mengerikan.

5. Menurunkan kadar minyak lemak

Banyak yang salah memahami keberadaan ‘trigliserida’. Trigliserida sebenarnya bukan bagian dari kolesterol, melainkan kadar lemak dalam tubuh yang kemudian memicu lonjakan kolesterol jahat.

Trigliserida paling mudah meningkat bila dipicu oleh asupan gula, karbohidrat, dan lemak jenuh yang berlebihan. Jadi, untuk mengatasinya, dibutuhkan karbohidrat kompleks berserat tinggi seperti oat.

Ketika karbohidrat sederhana masuk ke dalam tubuh, mereka akan diolah menjadi energi dan sisa gula yang terkumpul. Namun berbeda dengan serealia, yang memiliki karbohidrat kompleks tinggi serat, nutrisi dan mineral akan diserap seluruhnya dan sisanya langsung dibuang melalui saluran pencernaan.

Related posts