5 Kandungan Makanan yang Meningkatkan Produksi Kolagen Kulit

caramesin.com – 5 Kandungan Makanan yang Meningkatkan Produksi Kolagen Kulit Kolagen adalah protein yang meningkatkan kesehatan sendi, elastisitas kulit, dan penyembuhan luka. Untuk menjaga produksi kolagen dalam tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen.

Kolagen berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, membentuk struktur sendi dan saraf, melindungi organ tubuh, dan menghubungkan bagian tubuh seperti tulang dan otot.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk membentuk kolagen semakin berkurang. Jika demikian, kulit menjadi rileks, garis-garis dan kerutan muncul dan tulang rawan pada persendian melemah.

5 Kandungan Makanan yang Meningkatkan Produksi Kolagen KulitMakanan yang baik untuk produksi kolagen

Kolagen diproduksi secara alami di dalam tubuh dengan kombinasi dengan asam amino, bahan penyusun protein yang ditemukan dalam makanan. Tubuh Anda membutuhkan nutrisi berikut untuk membuat kolagen:

1.Vitamin A

Vitamin A adalah jenis antioksidan yang merangsang produksi kolagen dan mencegah efek buruk dari paparan sinar UV.

Vitamin A dapat diperoleh dengan mengkonsumsi tomat, wortel, sayuran berdaun hijau, mangga, produk susu, ikan, udang, hati sapi, minyak ikan cod dan telur.

2. Vitamin C

Tubuh dapat membuat kolagen dengan menggabungkan dua asam amino, yaitu glisin dan prolin, menggunakan vitamin C.

Seperti vitamin A, vitamin C dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga dapat mencegah kulit menjadi kering, membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dan kerutan.

Anda dapat menemukan vitamin ini dalam jeruk, stroberi, pepaya, lunganos, brokoli, dan sayuran hijau. Vitamin C juga dapat diperoleh melalui suplemen atau suntikan.

3. Antosianin

Selain kedua vitamin di atas, antosianin diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen.

Antosianin adalah pigmen warna yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Makanan yang mengandung antosianin antara lain anggur, delima, buncis, tomat dan buncis.

See also  Honda Astrea Kini Mengeluarkan Perfoma Terbaru Nya

4. protein

Tubuh mengubah putih telur yang kita makan menjadi asam amino. Asam amino ini kemudian digunakan untuk membuat jaringan tubuh dan kolagen.

Protein diperoleh dengan mengkonsumsi makanan laut, daging, susu, keju, yoghurt, gelatin, telur, kedelai dan ikan.

5. Mineral

Mineral seperti selenium, seng dan tembaga memiliki fungsi penting dalam pembentukan kolagen. Zat ini juga berperan sebagai penangkal radikal bebas yang merusak kulit, membantu kulit melawan bakteri dan memproduksi kolagen.

Selain asupan nutrisi di atas, produksi kolase kulit juga dapat ditingkatkan dengan penggunaan produk tertentu, seperti ekstrak daun pegagan.

Suplemen penguat kolagen

Jika meminum kolagen dari berbagai makanan di atas tidak cukup untuk kebutuhan kolagen sehari-hari, kita bisa mengonsumsi suplemen kolagen. Tentu saja, carilah nasihat medis terlebih dahulu.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan kolagen sehari-hari, suplemen ini juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti:

Mengurangi peradangan dan nyeri sendi pada orang dengan gangguan sendi
Mencegah kerusakan dan pengeroposan tulang
Menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung
Kuku dan rambut tetap kencang
Mulai sekarang, mulailah menjaga produksi kolagen dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen agar kulit, tulang, otot, dan persendian Anda dapat berfungsi lebih baik.

Related posts