Breaking News

5 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

caramesin.com-5 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ada beragam cara melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan salah satunya adalah konsumsi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beragam jenis makanan ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang baik untuk imunitas tubuh.

Tubuh manusia memiliki sistem imun yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, terutama penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Bila tidak dijaga dengan baik, daya tahan tubuh bisa melemah sehingga tubuh rentan terkena penyakit.

Daftar Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan mengonsumsi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis makanan ini kaya akan vitamin dan mineral yang dapat memperkuat sistem imun dalam melawan kuman penyebab penyakit.

Nah, ada berbagai jenis makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat Anda konsumsi, di antaranya:

1. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah dari keluarga Citrus yang tinggi kandungan vitamin C. Vitamin ini diperlukan untuk meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi, misalnya COVID-19.

2. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai jenis sayuran yang kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung sejumlah mineral dan antioksidan yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

3.Bayam

Selain brokoli, sayuran hijau lain yang juga baik untuk daya tahan tubuh adalah bayam. Sayuran ini diketahui mengandung vitamin C, beta-karoten dan antioksidan, yang efektif meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan kuman penyebab infeksi.

4. Almond

Selain vitamin C, vitamin E juga berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.Almond kini menjadi sumber vitamin E yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, dianjurkan makan minimal 30 gram sehari atau sekitar 30 kacang.

See also  3 Cara Mudah Untuk Membuka Kunci Hp Samsung Jika Lupa Polanya

5. biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, seperti vitamin B6, vitamin E, magnesium, fosfat dan selenium.

Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa konsumsi biji bunga matahari secara teratur dapat mengurangi risiko peradangan atau infeksi virus.

Selain beberapa makanan di atas, masih banyak jenis makanan lain yang juga bisa meningkatkan stamina, seperti jahe, bawang putih, cabai merah, jinten, teh hijau dan yoghurt.

Namun, pastikan Anda tidak memasak sayuran berdaun seperti bayam atau brokoli terlalu lama. Masak sebentar saja untuk menjaga kadar nutrisinya.

Tips hidup sehat

Selain mengonsumsi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ada pendekatan lain yang juga harus Anda gunakan untuk hidup sehat. Gaya hidup yang buruk dapat mengganggu proses dan fungsi fisik, termasuk sistem kekebalan tubuh. Ini akan membuat Anda lebih mudah sakit.

Berikut beberapa tips gaya hidup sehat yang bisa Anda ikuti, yaitu:

Banyak istirahat atau tidur di malam hari
Berolahraga secara teratur
Kurangi atau bahkan berhenti merokok
Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Batasi alkohol dan makanan dan minuman tinggi gula
Perlakukan stres dengan baik
Lakukan vaksinasi seperti vaksin COVID-19 dan influenza
Ini adalah pilihan makanan yang berbeda untuk meningkatkan daya tahan. Daya tahan tubuh yang kuat sangat penting bagi setiap orang untuk mencegah penyakit. Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui bagaimana Anda dapat merangsang sistem kekebalan yang tepat.

Check Also

(Viral) Seorang Ibu-Ibu Bawa Poster Bertuliskan Legalkan Ganja Medis,Ternyata Sakit Anaknya Menghawatirkan

(Viral) Seorang Ibu-Ibu Bawa Poster Bertuliskan Legalkan Ganja Medis,Ternyata Sakit Anaknya Menghawatirkan

caramesin.com – Baru-baru ini, jejaring sosial Twitter mengejutkan video viral seorang ibu dengan poster yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.